Rabu, 09 Maret 2016

cara memperbaiki active partition hdd

malam ini kepala gw pusing 8 keliling biar tambah byk klo 7 keliling dah biasa, karena coba-coba perbaiki suatu masalah eh malah masalah fatal yang datang. ok lets check this out.

masalah ini kejadian pas gw masuk ke computer managemen -> Disk Management -> pilih partition disk klik kanan lalu " MARK PARTITION AS ACTIVE", tadi nya untuk mengecek kenapa di SQL Server 2008 R2 gw second partition gak muncul ( untuk masalah ini tar gw buat post lain untuk mengatasinya ) lalu pas liat2 di sini eh iseng pilih itu kejadian deh laptop jadi "OPERATING SYSTEM WASN'T FOUND" alias Black Screen gak bisa masuk windows

cara untuk memperbaiki masalah sesuai judul diatas adalah berikut:
eh ia untuk memperbaikinya harus disiapkan disc windows/ flash disk bootable windows 7 ( karena gw pake windows 7 )


  1. langkah pertama masuk ke bootable disk/flash disk lalu pilih repair your PC
  2. setelah itu cari command promp
  3. lalu ketik
  • DISKPART  -> LALU KLIK ENTER
  • LIST DISK -> LALU ENTER
  • SELECT DISK 0 ( karena OS saya ada di disk 0 saya liat dari kapasitas HDD nya )
  • LIST PARTITION -> LALU ENTER
  • SELECT PARTITION 2 ( karena OS saya memang seharusnya di partition 2, seperti saya jelaskan sebelumnya saya otak atik jadi yg jadi partition active untuk windows jadi partition 3 )
  • ACTIVE -> LALU ENTER
  • EXIT
Setelah selesai masuk lagi ke bootable lalu pilih repair lalu pilih partition yang sudah ok lalu restart deh.
akhir selamat tuh OS tanpa harus instal ulang.
mudah2an temen2 gak ada yg mengalami masalah kyk gw hehehe


6 komentar:

  1. kalau hanya dua saja yang ada di list nya gimna

    BalasHapus
  2. Alhamdulillaah
    Terimakasih sngat membantu. Akhirnya berhasiL tnpa harus install ulang OS lagi.

    BalasHapus
  3. Disk windows darimana dptnya.

    BalasHapus
  4. Manteb. Lancar jaya... dan kekeliruan saya ngeklik bisa diselesaikan.

    BalasHapus